Sesuatu dalam Diri

Biarkan aku menyatakan bahwa tulisan ini harus dibaca sampai habis, tidak boleh berhenti di tengah tulisan. Aku akan mengutarakan kegilaanku dalam berpikir ketika masih, bisa dikatakan, eksperimental dan juga disatukan dengan pemikiran yang lebih nyata. Topik agak berat tapi memang penuh esensi.

Mengingat yang terjadi di masa lalu. Ketika berusaha memperoleh gelar sarjana, aku mengambil skripsi yang bertemakan Perempuan. Oleh karena itu, aku banyak membaca buku tentang manusia, hak asasi manusia, perempuan, dan feminisme. Yang akhirnya membuat aku berkesimpulan bahwa semua manusia adalah manusia dan kita harus menghargai adanya manusia, atas adanya sendiri.

Ada beberapa pemikiran yang memang radikal dinyatakan dalam buku. Bukan berarti kita harus menjadi radikal tapi hal itu untuk kita ketahui. Ini hal yang mengerikan dan menyeramkan, sesungguhnya. Dalam salah satu buku, ada pendapat bahwa perempuan memiliki ketubuhannya sendiri. Maksudnya, hak asasi atas dirinya. Hal itu salah satu yang menjadi alasan untuk penolakan human exploitation atau human trafficking. Terkadang ada beberapa kasus kekerasan terhadap perempuan terjadi karena pelaku merasa memiliki korban.

Ternyata, tentang kehamilan pun dibahas di beberapa buku feminis. Pendapatnya bisa saja kita anggap sinis. Sangat sinis. Itu juga yang sempat membuat saya berpikir bahwa bayi di dalam perut sang ibu adalah alien. Dia mengisap sari-sari makanan. Ditambah dengan imajinasi yang didapat dari film Alien atau Predator, entah yang mana akupun tidak ingat. Itu membuat semakin menyeramkan. Bagaimana kalau dia mampu merobek perut sang ibu? Tenang. Itu pemikiran yang sudah berlalu, jangan mudah percaya. Memang lebih baik kita beragama dan memiliki Tuhan. Di dalam Islam, Allah SWT menjelaskan tentang perkara dunia melalui Al-Quran. Kekompleksitasan yang terjadi di dunia ini adalah bukti Kebesaran-Nya.

Pengetahuan juga perlu terus ditambah dan diperluas. Perempuan dan laki-laki memang tidak sama secara biologis. Ada beberapa perbedaan yang terjadi karena perbedaan hormon yang dimiki dan tentunya perkembangan seksual yang berbeda. Jadi, hamil dan menyusui adalah hak istimewa yang dimiliki oleh perempuan. Setiap dari kita harus menghargai itu.

Saat ini, semoga terus diberi kesehatan, aku hamil. Usia kehamilan diperkirakan 5 minggu. Dengan menertawakan pemikiran gila di masa kuliah, aku akan menjalankan satu, bukan satu, namun serangkaian keajaiban yang akan terjadi pada diriku. Perubahan hormon, fisik, dan rasa akan terlibat di dalamnya. Itu akan sangat menyenangkan dan penuh petualangan.

Mencoba memahami bagaimana terjadinya pembuahan di dalam rahim, terasa sulit dipahami dengan penuh. Sekedar tahu, itu mudah. Kalau kata website tentang perkembangan kehamilan, sel yang sebesar ujung pena itu yang nanti perlahan akan berkembang terus. Setidaknya di minggu ke-9, calon bayi akan memiliki jantung (yang begitu kecil), yang berdetak dengan cepat. Adikku, yang adalah calon dokter, bilang, (ini semampunya otakku menangkap informasi, yah. Maaf kalau salah) "Denyutnya dua kali denyut kita". WOW! Aku teringat ketika menemani kakak iparku yang mengecek kehamilannya dan mendengar denyut keponakanku, begitu membahana* karena ruangan dokter itu juga dilengkapi pengeras suara. Bunyinya itu keren. Super keren. Mungkin nanti aku akan meminjam steteskop pink punya adikku itu. Hihihi.

Mari kita nikmati hidup. Semoga semua diberikan kesehatan. Amin.


* meminjam istilah artis yang super berlebihan, yang mungkin saja akan menambahkan arti di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Entahlah.

Komentar

Anonim mengatakan…
Hehehe.. masih paranoid dengan imajinasi munculnya alien/monster dari dalam perut? Tulisan ini menandakan kalau anda masih kepikiran akan hal itu.. :D

Tenang, semua akan baik2 saja, yang terpenting adalah jaga kandungan, perbanyak asupan gizi, lakukanlah hal2 yg positif (saya percaya kalau bumil sering melakukan hal yg positif akan berdampak pada fitrah si bayi), dan yg terakhir jangan pecicilan berlari2 kesana-kemari (saya serius, mengingat kebiasaan anda). :D

Baiklah kalau begitu... sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga segala sesuatunya dilancarkan dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Doa saya menyertai anda dan keluarga.. :)

Postingan Populer