Film 2012 yang Aneh

Satu tahun lagi kiamat. Menakutkan? Tapi itu hanya terjadi di Amerika.

Entah. Film 2012 terasa sangat janggal buat saya. Bagi saya, alam tidak pernah sejahat itu. Dia akan perlahan memberitahu kepada makhluk hidup yang ada tentang perubahan yang ia alami. Tidak akan serta merta bumi retak tanpa gempa yang cukup signifikan. Apakah alam memang semurka itu? Atau manusia sudah kehilangan sadarnya akan alam? Atau manusia lupa akan peringatan-peringatan yang sudah pernah diberikan?

Untungnya, Indonesia -seingat saya- tidak disebutkan dalam film itu. Entah karena sudah tenggelam lebih dulu atau memang tidak penting. Saya lebih suka anggap itu hanya terjadi di Amerika. Film Amerika manapun memang mendahulukan negaranya.

Yang paling membuat penasaran adalah apa agama yang mereka yakini? Tidakkah ada peringatan akan hari-hari menjelang kiamat? Tapi apa yang terjadi di film itu juga tidak bisa dibilang kiamat karena masih ada saja manusia yang hidup. Jadi? Apa yang ingin disampaikan oleh film itu? Bahwa kita harus mempersiapkan diri menjadi supir limosine dengan bos Rusia yang mempunyai mantan pacar yang berpacaran dengan dokter bedah yang juga pernah mengambil kelas menerbangkan pesawat?

Apakah memang ada bedanya kita mati hari ini dan esok lusa? Bagi saya, itu semua berakar pada harapan. Kalau memang yang kita jalani dalam kehidupan ini sudah dipenuhi kebaikan, apa yang patut ditakuti? Ketakutan itu hanya ilusi. Bahkan kepada Tuhan kita tidak boleh takut tapi berserah diri. Melakukan ibadah atas dasar keimanan dan kecintaan, bukan ketakutan.

Aneh. Film super aneh. Tidak penting. Film yang sangat tidak direkomendasikan, apalagi kalau tahun 2013, film itu tidak layak tonton. Sangat tidak layak.

Kalau bencana alam yang sangat besar terjadi pada tahun 2012, apa yang kalian akan lakukan? Apakah kalian akan membuat kapal?

Saya hanya berharap ketika waktu itu tiba, saya masih bisa mengingat bahwa kehidupan yang saya alami begitu indah. Membuat kenangan lama kembali hidup di saat yang singkat dan menikmati waktu terakhir dengan kebahagiaan. Tutup mata dan bermimpilah.

Komentar

Anonim mengatakan…
Bertahan hidup adalah sifat dasar manusia. Manusia yang tidak beragama atau tidak percaya Tuhan, akan cenderung mengakali kehendak Tuhan dan segala sesuatu yang tertulis di kitab-kitab agama, termasuk selamat dari hari kiamat. Sementara mereka yang beragama dan percaya Tuhan akan berusaha bertahan hidup dengan tetap ikhtiar dan tawakal. Overall, this movie (2012) is sucks....

Postingan Populer