Senin, 30 Januari 2012

Hidup Luar Biasa

Beberapa buku atau literatur, dan mungkin orang juga teman-teman, berpendapat judul itu harus menarik perhatian. Saya pun memilih judul Hidup Luar Biasa. Ide awalnya hanya sekedar ingin berbagi cerita tentang yang biasa dilakukan atau apa yang mungkin terpikir di sela kebiasaan tapi kalau berjudul hidup itu biasa-biasa saja, rasanya tidak tepat.

Hal pertama yang membuat luar biasa adalah kita hidup. Kita hidup di dunia yang begitu luar biasa dengan aneka ragam bentang alam, ragam budaya, cita karsa, dan nilai-nilai dalam sosial. Sudah lebih dari 10 tahun aku terhipnotis oleh kehadiran kupu-kupu dan segala fase metamorfosisnya. Sekarang, masih pula terkagum dan menyenangkan melihat si ulat memakan daun, fase perubahan ulat-kepompong, dan tentunya ketika kupu-kupu menghisap madu bunga. Untuk memperhatikan itu, kita harus berdiam dan bersabar. Bukan suatu kenikmatan yang bisa dilalui dalam sekelebat.

Berada di dalam satu keluarga, selalu memberikan rasa luar biasa. Kita selalu memiliki yang mendukung, mengkritik, dan menjaga. Aku memiliki orang tua super, semua orang tua bagi anaknya adalah super. Mereka selalu santai, minum kopi sambil bercanda gurau yang sering kali menjadi saling ejek. Kalau seluruh berkumpul akan seperti acara lawak. Memiliki kakak, memberikan rasa aman. Adanya seorang adik, mendorong rasa jagoan untuk menjadi penjaga. Keponakan juga selalu menjadi pencair dan penceria suasana. Menyenangkan.

Teman-teman luar biasa. Selalu membawa perbincangan yang memberi kehidupan lebih hidup. Interaksi demi interaksi memberi wawasan dan kebijakan. Sepatutnya tiap interaksi membawa kebajikan dan menambah kebijakan. Seperti ketika kita baru pertama kali berkenalan dengan seseorang dan perasaan kita sedang penuh kesal. Kalau kita cukup bijak dan mengenal diri dengan baik, kita akan tahu yang harus dilakukan untuk mengembalikan suasana hati kembali netral.

Keadaan yang kualami sekarang pun penuh keluarbiasaan. Biasanya, aku sering membaca buku dan menulis sesuatu di buku. Kebiasaan itu menjadi keterasingan. Menulis di blog juga seperti hal yang janggal. Ide tak kunjung datang dan menyelesaikan kalimat demi kalimat itu seperti hal yang begitu sulit. Apa aku mengeluh? Sedikit. Hidup harus bervariasi, sesekali mengeluh itu perlu biar ada pertanda bahwa kita tidak puas. Yang harus dilakukan berikutnya adalah bagaimana setelah itu. Maka, akupun mengetik tulisan ini.


Selalu anggap hidup itu indah dan menyenangkan. Sambut hari dengan bahagia. Tidak ada istilah biasa-biasa saja. Bagi kita biasa, mungkin bagi orang lain itu adalah sesuatu yang luar biasa. Adakah kita membiarkan orang lain mengetahui itu? Akankah orang lain sadar dengan itu? Kita harus beri ruang buat orang lain memberikan apa yang mungkin kita butuhkan. Biarkan hidup memberi kejutan. Siapa tahu kita akan mendapatkan hadiah tambahan.

Ingat untuk berkata dalam kalimat positif dan bermakna positif. Hargai orang lain. Hargai waktu. Mari kita menjadi pribadi yang lebih baik. Selalu.


Selamat menikmati hidup, Teman!

Tidak ada komentar: